KONTRIBUSI KOPERASI DALAM MENDUKUNG UMKM

Dalam perekonomian Indonesia Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Dan usaha ini terbukti tahan terhadap goncangan krisis ekonomi.dan usaha ini banyak sekali di kunjungi di Indonesia.

UMKM ini merupakan usaha produktif yang dimiliki baik perorangan maupun badan usaha dengan asset yang berkisar antara kurang lebih 50 jt-10 milyar. Dan hubungan dengan koperasi ,koperasi sangat memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia karena dalam usaha mikro,kecil,dan menengah termasuk koperasi telah di akui memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Dengan adanya usaha mikro kecil menengah tersebut memberikan makna yang sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi dan dalam penyerapan tenaga kerja serta pendistribusian barang dan jasa. Pemberdayaan koperasi merupakan langkah yang sangat strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian Indonesia. Dan dengan adanya UMKM ini dapat menyerap tenaga kerja serta membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Pada saat ini pemerintah memberikan perhatian yang lebih pada usaha mikro kecil menengah termasuk koperasi. Pemerintah melihat bahwa UMKM ini merupakan tumpuan hidup rakyat Indonesia. Dan keberadaan koperasi dan UMKM telah di rasakan ketika Indonesia mengalami krisis. ekonomi kita berhasil di selamatkan karena kehadiran koperasi dan usaha mikro kecil menengah. Pemberdayaan koperasi dan UKM juga di arahkan untuk mendukung penciptaan kesempatan kerja dan ekspor serta peningkatan akses dan perluasan pasar bagi produk-produk koperasi dan umkm.

Selain itu dalam perkembangan koperasi dan UMKM tidak selamanya berjalan mulus ada hambatan dan masalah yang harus di hadapi yaitu rendahnya produktivitas,terbatasnya akses kepada sumber daya produktiv, rendahnya kualitas kelembagaan,dan tertinggalnya kinerja koperasi. Kurangnya pemahaman tentang koperasi sebagai badan usaha.

Tetapi koperasi dan UMKM sekarang ini sudah perkembang pesat sehingga dengan adanya koperasi dan UMKM ini dapat menambah pendapatan nasional dengan omset yang di dapat dari UMKM..




.

0 komentar:

Posting Komentar