Kelebihan Al-Qur'an Bayan


1. Munasabah surah. yakni menjelaskan hubungan antar suah satu dengan surah yang lainnya, meliputi keterpaduan isi satu surah dengan isi surah berikutnya, ketrpaduan antara awal surah dengan penutup surah sebelumnya dan keterpaduan antara awal surah dengan akhir surah.

2. Munasahabah kelompok ayat. buat sebagian orang istilah ini pasti asing, munasahabah adalah keterkaitan dan keterpaduan antara bagian-bagian ayat atau surah dalam Al-Qur'an. munasahabah membantu untuk bisa memahami dengan baik bila keterkaitan dan keterpaduan terjadi ada al-Qur'an.

3. Hadits-hadits berkaitan. yakni menjelaskan relevansi hadits dengan ayat didalam Al-Qur'an. dilegkapi pula dengan penjelasan yang diyakini shahih sumbernya.

4. Asbabun nuzul. dalam Al-Qur'an adalah sebab-sebab turunnya Al-Qur'qn. sebagian kita tidak memahami kalau setiap ayat dalam Al-Qur'an memiliki sejarah. catatan sejarah Al-Qur'an kita kenal dengan asbabun nuzul.

5. Mutiara ayat. merupakan kesimpulan antar kelompok ayat, Al-Qur'qn bayan mengelompokan pesan-pesan atau kesimpulan kelompok ayat termaksud dan akan didapatkan pada setiap halaman.

6. Terjemah bahasa indonesia. hal ini penting karena banyak diantara kita tdak memahami bahasa Arab, sementara Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab. Al-Qur'an adalah petunjuk bagi manusia, intinya Al-Qur'an diturunkan untuk dipahami kandungan ayatnya.

7. Tajwid. Al-Qur'an haruslah indah terdengar nyaan dibaca, dan ditartil dalam lisan. Al-Qur'an tidak akan indah terdengar, tidak nyaman dibaca kalau tidak mengikuti kaidah tajwid.

8. dalil-dalil keutamaan membaca Al-Qur'an, untuk memeahami Fadhilah Al-Qur'an,maka dimasukan dalam halaman tambahan Mushaf ini, hadis-hadis dan ayat Al-Qur'an yang menjelaskan keutamaan bagi orang yang membaca Al-Qur'an.

9. Indeks Ayat-ayat Al-Qur'an. Al-Qur'an bayan juga dilengkapi dengan indeks Al-Qur'an berdasarkan tema atau indeks tematik, hal ini akan memudahkan pembaca dalam mencari ayat-ayat Al-Qur'an yang diinginkan.

10. Untaian Hikmah. merupakan nasihat-nasihat atau kata-kata bijak yang diambil dari hadist-hadist Rasullullah SAW serta pernyataan para ulama.

majalah Hidayayatullah Edisi II/XXIII

0 komentar:

Posting Komentar